Senin, 16 Juli 2012

Ukuran Lapangan Futsal

Futsal adalah olahraga permainan yang sangat mirip dengan sepakbola. Ukuran lapangan futsal berbeda dengan ukuran lapangan sepakbola. Futsal memiliki lapangan yang lebih kecil daripada sepakbola karena memang jumlah pemainnya pun hanya 5 orang dalam satu tim. Artikel ini akan membahas tentang ukuran dari lapangan futsal.

Ukuran Lapangan Futsal Internasional


Baik panjang maupun lebar lapangan futsal jauh lebih kecil dibandingkan dengan olahraga sepak bola. Cobalah lihat gambar berikut.

Ukuran Lapangan Futsal

Panjang
Panjang minimal lapangan adalah 25 meter, sedangkan panjang maksimalnya adalah 45 meter. Sama seperti sepakbola, terdapat pula garis tengah yang membagi 2 wilayah sama panjang. Pada pertandingan internasional, ukuran panjang lapangan futsal adalah antara 38 sampai 45 meter.

Lebar
Lebar minimal adalah 15 meter dan lebar maksimalnya 25 meter. Ukuran lebar ini kira-kira hanya sepertiga dari lebar lapangan sepak bola. 

Lingkar Tengah
Lingkar tengah berada tepat di tengah lapangan dan berfungsi sebagai kick off area. Awal permainan dimulai pada wilayah ini termasuk juga ketika terjadi gol. Diameter lingkar tengah adalah 3 meter.

Gawang
Gawang futsal memiliki ukuran lebar 3 meter dan diukur dari tiang dalam. Sedangkan tingginya adalah 2 meter. Terdapat pula garis gawang sebagai penanda batas. Gol akan dianggap sah jika bola telah melewati garis gawang ini. Terdapat 2 buah gawang yang berada di wilayah masing-masing tim.

Busur Penalti
Busur penalti berfungsi sebagai garis batas tempat seorang penjaga gawang diizinkan untuk menangkap bola. Jarak garis busur penalti adalah 6 meter dihitung dari garis gawang.

Titik Penalti
Terdapat 2 buah titik penalti pada lapangan futsal. Titik penalti pertama berjarak 6 meter dari gawang. Letak titik penalti yang pertama ini menempel pada garis busur penalti. Sedangkan titik penalti kedua berada 10 meter dari depan gawang atau berada di luar busur penalti.

Zona Pergantian Pemain
Setiap tim yang bertanding memiliki satu buah zona pergantian pemain. Di sinilah tempat keluar masuknya pemain ke dalam lapangan futsal untuk bertanding. Pergantian pemain yang tidak dilakukan pada zona pergantian pemain ini akan dianggap sebagai pelanggaran. Zona pergantian pemain ditandai oleh garis yang memotong garis samping dengan lebar 8 cm. Sedangkan panjangnya adalah 80 cm dengan ketentuan 40 cm di dalam lapangan dan 40 cm di luarnya.

Zona Bebas
Zona bebas adalah wilayah di luar lapangan yang tidak boleh terhalangi oleh apapun. Tujuan adalah agar wasit dan official yang bertugas dapat mendapatkan pandangan yang jelas untuk mengamati jalannya pertandingan. Zona bebas memiliki panjang 10 meter dengan pusatnya berada di tengah lapangan sejajar dengan titik kick off.


Ukuran lapangan futsal yang baik adalah yang memenuhi ketentuan-ketentuan tersebut di atas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar